KAJIAN ULUMUL QUR'AN DI INDONESIA

Nama : Saiful Murod
NIM : 283133049
Jur/sem : IAT/6B
Matkul : Kajian Ulumul Qur’an Di Indonesia
THE STORY OF ABRAHAM’S PREACHING  IN ALQURAN
Jurnal Hunafa, Vol. 7, No 2 Desember 2010: 135-144
Pada jurnal ini memaparkan tentang sejarah kehidupan nabi ibrahim, yakni bagaimana nabi ibrahim menyampaikan wahyu kepada kaumnya. Yang di bahas dalam prespektif islam dan al-qur’an sebagai sumber utamanya. Di dalam jurnal ini memaparkan tentang keajaiban al-qur’an yang merupakan penegasan dari allah bukan dari nabi muhammad. salah satu sisi keajaiban
cerita dari Alquran  bahwa itu benar-benar ada di masa lalu untuk menjadi pelajaran dan nasihat untuk umat Islam. Dalam arti yang sama bahwa kisah-kisah Alquran tidak imajiner. Mereka benar-benar terjadi dalam sejarah orang yang kemudian diungkapkan oleh Alquran dengan gaya yang luar biasa. Salah satu cerita dalam Alquran adalah kisah Nabi Ibrahim. Nabi ibrahim memiliki garis keturunan dengan nabi nuh, dan beliau lahir tahun 2000 SM di daerah babilonia.
Ayah dari nabi ibrahim adalah pemasok berhala, dan ayahnya dan kaumnya penyembah berhala tersebut, dan itu masalah yang di hadapi oleh nabi ibrahim. Karena nabi ibrahim tahu bahwa berhala tersebut tidak pantas untuk disembah karena tidak memiliki daya apapun.
Allah telah mengutus nabi ibrahim menjadi rosul allah, dan nabi ibrahim percaya hanya ada 1 tuhan di alam semesta ini maka dari itu nabi ibrahim mulai berdakwah kepada ayahnya, saudara, dan kaumnya.
Nabi ibrahim berdakwah dengan cara lembut dan jelas tapi mendapatkan penolakan yang besar. Maka dari itu nabi ibrohim berencana untuk menghancurkan berhala yang di sembah oleh kaumnya. Setelah upaya besar yang ia lakukan itu tanpa hasil sukses, maka Abraham bersama dengan istrinya, Sarah, dan keponakannya, Loth, meninggalkan negaranya Haran bermigrasi ke Palestina yang pada saat itu ditempati oleh kaum Kan'an. Mereka tinggal di sebuah kota yang bernama Nablus. Karena penolakan dan antipati dari rakyat Palestina, akhirnya Abraham bersama dengan kelompoknya meninggalkan negara itu ke arah wilayah Mesir. Dari pernikahan nabi ibrahim melahirkan seorang anak yang di beri nama ismail, dan pada saat itu nabi ibrahim mendapat ujian yakni di perintah allah untuk menyembelih anaknya itu, maka dilaksanakan perintah itu dan ketika menyembelih leher yang terlihat bukan leher ismail tetapi leher seekor domba.dan sekarang di kenal dengan hari Qurban.
Selanjutnya di jurnal ini memaparkan tentang dakwah nabi ibrahim yang tercatat dalam al-qur’an.  Dalam Alquran, dakwah nabi ibrahim tidak hanya ditemukan dalam satu bab, tetapi juga di banyak bab-bab lain. Dakwah nabi ibrahim dapat dibagi menjadi dua kelompok; yang pertama adalah Nabi ibrahim memberitakan khusus untuk ayahnya, dan yang kedua adalah Nabi ibrahim berdakwah kepada ayahnya bersama-sama dengan umat-Nya.
Dakwah nabi ibrahim kepada ayahnya yang dinyatakan dalam QS maryam ayat 41-50.
Sedangkan dakwah nabi ibrahim unruk ayahnya dan kaumnya di jelaskan dalam 6 surat, yaitu QS al-Syu'ara: 69-89,QS al-Shaafaat: 83-100, QS al-Anbiya: 51-73, QS al-Ankabut: 16-27, QS al-Baqarah: 258, QS al-An'am: 74-81. Dalam ayat-ayat ini nabi ibrahim memerintah kaumnya untuk meninggalkan menyembah berhala.
Kesimpulannya adalah kisah nabi ibrahim sama dengan cerita kenabian yang lainnya di Alquran, yang memberikan sesuatu yang benar. Dakwah nabi ibrahim, seperti nabi yang lainnya pasti menemukan banyak masalah. Ini akan menjadi pelajaran bagi Nabi Muhammad SAW. bahwa dalam memberikan dakwah, seorang nabi akan menghadapi berbagai macam masalah. berharap bahwa nabi  Muhammad akan memiliki kekuatan yang cukup dan kesabaran untuk menghadapi masalah.

                                                                                                       

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH MADZAB TAFSIR “Pengertian, wilayah kajian dan signifikansinya”

Tafsir al-Furqan karya Ahmad Hassan “Tafsir Indonesia”

Penulisan AL-Quran atau Rasm AL-Quran